SINOPSIS DRAMA KOREA : DOTS 'DESCENDANTS OF THE SUN'

 



HE SUN merupakan drama televisi asal Korea Selatan yang dibintangi oleh Soong Joong-ki dan Song Hye-Kyo. Drama ini mendulang popularitas yang luar biasa. Tak hanya di Korea Selatan, drama ini pun mendapat respons positif dari negara-negara di Asia, termasuk Indonesia. Oleh karena itu, selain tayang di KBS, drama ini juga tayang di jaringan penyiaran Indonesia.

Sinopsis DESCENDANTS OF THE SUN menceritakan tentang kisah cinta serta perjuangan para tentara dan tenaga kesehatan di Urk. Sebenarnya, kisah mereka sudah dimulai sejak masih di Korea Selatan. Penugasan mereka ke sebuah daerah yang dipenuhi konflik menjadi jalan untuk semakin mengukuhkan hubungan.


Sinopsis 'DESCENDANTS OF THE SUN'

Dibuka dengan aksi dua orang sahabat, Kapten Yoo Si-Jin (Song Joong-ki) dan Sersan Mayor Seo Dae-young (Jin Goo) yang berusaha menangkap pencuri sepeda motor bernama Kim Gi-beom. Karena mengalami luka saat terjatuh dari motor, si pencuri diantar oleh dua tentara tersebut ke Rumah Sakit Haesung, tempat Kang Mo-yeon (Song Hye-kyo) bekerja sebagai Dokter.

Rumah sakit Haesung menjadi tempat pertemuan Si-jin dan Mo-yeon untuk kali pertama. Si-jin pun terpesona dengan pembawaan serta kecantikan Mo-yeon. Sayangnya, Mo-yeon tak bisa percaya begitu saja dengan dua tentara tersebut. Terlebih, Si-jin punya panggilan "Big Boss" yang identik dengan pimpinan gangster. Hal itu membuat Mo-yeon curiga jika dua orang (tentara) itu yang justru mengeroyok pasiennya tersebut.

Sebagai usaha mencari pembuktian, Si-jin meminta verifikasi dari dokter tentara Yoon Myeong-ju (Kim Ji-won) yang pernah magang di Haesung. Meski punya hubungan yang kurang baik dengan Myeong-ju di masa lalu, Mo-yeon percaya dengan keterangan tersebut. Sejak Si-jin meminta Mo-yeon untuk mengobati lukanya, mereka akrab dan membuat janji untuk nonton ke bioskop.

Seiring berjalannya waktu, Mo-yeon baru sadar dan curiga bahwa Si-jin punya pekerjaan misterius karena sering membatalkan janji dan meninggalkannya. Apalagi Mo-yeon pun tak tahu banyak tentang lelaki yang dekat dengannya. Mo-yeon juga mulai curiga bahwa menjalani tugas sebagai tentara membuat Si-jin berpeluang membunuh orang. Hal itu bertolak belakang dengan tugasnya untuk menyelamatkan pasien. Atas dasar tersebut, Mo-yeon ingin mengakhiri komunikasi dengan Si-jin.

Kisah selanjutnya mungkin bisa dibilang sebagai perwujudan pepatah "kalau jodoh tak akan ke mana". Saat itu, sebenarnya Si-jin sedang menjalankan tugas di sebuah negeri fiksi bernama Urk untuk menjaga perdamaian. Nasib sebagai dokter idealis pun membawa Mo-yeon ke Urk, tentu setelah ada konflik yang ia hadapi di rumah sakit. Mo-yeon bersama timnya menjadi dokter relawan yang harus siap merawat korban bencana gempa bumi, perang, penyakit berbahaya, hingga penculikan.

Kehidupan di Urk yang berat turut andil dalam membangun rasa cinta mereka berdua. Meski jadi tokoh yang paling banyak disoroti, kisah Si-jin dan Mo-yeon tak menjadi satu-satunya hal menarik. Ada juga kisah cinta antara Dae-young dan Myeong-ju yang sebenarnya tak kalah rumit. Aksi penyelamatan yang dilakukan para tenaga kesehatan dan para tentara pun menjadi kisah perjuangan yang inspiratif hingga masa tugas mereka di Urk berakhir.

Setelah kembali ke Korea Selatan, Mo-yeon menjadi pribadi yang lebih kuat dan berencana keluar dari rumah sakit yang baginya penuh intrik itu dan membuka klinik sendiri. Apalagi sebelum berangkat ke Urk, ia pernah diajak berhubungan seksual oleh direktur rumah sakit. Sayangnya, bank menolak pengajuan pinjaman jika Mo-yeon menjadi pengangguran. Mau tak mau, Mo-yeon kembali bekerja di rumah sakit. Dari situ terlihat pula bagaimana pekerja idealis tak berdaya jika dihadapkan dengan sistem, apalagi yang berkaitan dengan urusan finansial.

Sementara itu, Si-jin kembali ditugaskan dalam aksi perdamaian Korea Selatan dan Korea Utara. Bersama Tim Alpha, dia dikirim ke Albania. Dalam misi itu, Si-jin dikabarkan hilang dalam sebuah ledakan. Hal itu tentu menjadi pukulan tersendiri untuk Mo-yeon hingga dia memutuskan untuk pergi ke Albania untuk misi kemanusiaan sekaligus melakukan peringatan meninggalnya Si-jin. Saat itu, hal mengejutkan bahkan sempat dikira halusinasi dialami Mo-yeon.

Saat itu, dia melihat Si-jin datang menceritakan bahwa dia masih hidup karena ditolong oleh "teman jauh" dari Korea Selatan. Jalan cerita yang penuh perjuangan sejak awal itu diakhiri dengan "happy ending".



Posting Komentar

0 Komentar